Pengertian dan Cara Konfigurasi Dasar VLAN Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum. Pada artikel kali ini kita akan membahas Tentang Pengertian dan Cara Konfigurasi Dasar VLAN Cisco Packet Tracer, Tapi sebelum masuk ke tahap Konfigurasi di Cisco Packet Trace, Saya akan menjelaskan tentang Apakaah itu Vlan??, Apakah Fungsi dari Vlan??, Gimana cara kerja Vlan??, dan Tipe-Tipe pada Vlan?? yuk di simak geng.


Pengertian dan Cara Konfigurasi Dasar VLAN Cisco Packet Tracer

Apakah itu Vlan ??

VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation.

Lalu Apakah Fungsi dari Vlan??

VLAN memiliki fungsi untuk memberikan sebuah metode dalam jaringan untuk bisa membagi satu fisik network ke banyak broadcast domain. Broadcast domain ini biasanya sama dengan batas IP subnet, tiap subnet mempunyai satu VLAN. Lalu VLAN membolehkan banyak virtual LAN berdampingan dalam sebuah fisik LAN ( switch ). Jadi, semisal ada dua mesin yang terhubung dalam sebuah switch, keduanya tidak dapat mengirim ethernet frame ke mesin lain meski dalam satu kabel yang sama.

Lalu Gimana Cara Kerja Vlan??

VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya, baik menggunakan port, MAC addresses dsb. Semua informasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan (tagging) di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN. Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/bridge yang manageable atau yang bisa di atur. Switch/bridge inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama.

Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi mencatat/menandai suatu VLAN beserta workstation yang didalamnya untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.


Lalu Apa sajakah Tipe-Tipe Vlan??

1.   Berdasarkan Port

Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang di gunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2, dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat tabel:
Tabel port dan VLAN
Port     1 2 3 4
VLAN 2 2 1 2

Kelemahannya adalah user tidak bisa untuk berpindah pindah, apabila harus berpindah maka Network administrator harus mengkonfigurasikan ulang

2. Berdasarkan MAC Address

Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap workstation/komputer yang dimiliki oleh user. Switch mendeteksi/mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. MAC address merupakan suatu bagian yang dimiliki oleh NIC (Network Interface Card) di setiap workstation.

Kelebihannya apabila user berpindah pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut.Sedangkan kekurangannya bahwa setiap mesin harus di konfigurasikan secara manual , dan untuk jaringan yang memiliki ratusan workstation maka tipe ini kurang efissien untuk dilakukan.

Tabel MAC address dan VLAN

MAC address 132516617738 272389579355 536666337777 24444125556

VLAN                  1                            2                     2                          1

3. Berdasarkan tipe protokol yang digunakan

Keanggotaan VLAN juga bisa berdasarkan protocol yang digunakan, lihat table

Tabel Protokol dan VLAN
Protokol IP IPX

VLAN    1    2

Bagaimana Konfigurasi Vlan ??

Sebelum konfigurasi Vlan di packet trace, Kita harus siapkan dulu gimana bentuk topologi yang akan kita buat??, lalu IP Address yang akan di gunakan ??


Berikut adalah Topologi yang akan kita gunakan hanya menggunakan 1 switch dan 4 PC :
Berikut adalah Tabel IP Address


IP ADDRESS PC


PC 0

FA 0

192.168.10.1

255.255.255.0

PC 1

FA 0

192.168.10.2

255.255.255.0

PC 2

FA 0

192.168.10.3

255.255.255.0

PC 3

FA 0

192.168.10.4

255.255.255.0
Setelah kita menetapkan Topologi beserta perangkat yang di gunakan dan menentukan IP Address yang akan di pakai, sekarang kita lakukan Konfigurasi Vlan nya yuk di simak gengs.
1. Untuk tahap pertama kita buat dahulu VLAN ID beserta Nama nya dengan Cara berikut , Klik pada Switch pilih CLI Karena kita akan Konfigurasi melalu CLI, Lalu ketik perintah seperti dibawah : 
  • Switch>en
  • Switch#conf t
  • Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
  • Switch(config)#vlan 10
  • Switch(config-vlan)#name Ruang-1
  • Switch(config-vlan)#ex
  • Switch(config)#vlan 20
  • Switch(config-vlan)#name Ruang-2
  • Switch(config-vlan)#ex
Keterangan : Vlan 10 dan Vlan 20 merupakan VLAN ID, apa itu VLAN ID??? Vlan ID berfungsi untuk memberi identitas vlan yang menggunakan nomor, jadi Vlan ID nya bisa di ganti dengan nomor yang lain begitu juga dengan name nya

2. Setelah kita membuat Vlan lalu sekarang kita menentukan Port mana saja yang akan mendapatkan access vlan port pada switch, Bagaimana cara nya ??? Yuk disimak Konfigurasi nya gengs.

  • Switch(config)#int ra fa0/1-2
  • Switch(config-if-range)#sw mo acc
  • Switch(config-if-range)#sw acc vlan 10
  • Switch(config-if-range)#ex
  • Switch(config)#int ra fa0/3-4
  • Switch(config-if-range)#sw mo acc
  • Switch(config-if-range)#sw acc vlan 20
  • Switch(config-if-range)#ex
 Keterangan : 
  • int range atau interface range : perintah untuk konfigurasi interface secara bersamaan
  • sw mo acc atau switchport mode access : perintah untuk masuk mode access vlan
  • sw acc vlan atau switchport access vlan : perintah untuk memberikan access ke vlan id tertentu
untuk membuktikan nya berhasil atau tidak kita akan lakukan test ping kepada semua PC yang ada.

Kita akan test ping ke sama vlan yaitu PC 0 dan PC 1 berada di Vlan 10, dan PC 2 dan 3 berada di Vlan 20. Maka hasil nya berhasil anda bisa lihat gambar di bawah??

Pengertian dan Cara Konfigurasi Dasar VLAN Cisco Packet Tracer

 apakah begitu bisa membuktikan Konfigurasi Vlan kita tadi benar?? oh tentu tidak, sekarang kita coba lakukan Ping silang antara PC di Vlan 10 dengan PC di Vlan 20 yuk di simak hasil nya

Pengertian dan Cara Konfigurasi Dasar VLAN Cisco Packet Tracer
bisa di lihat ping silang antar Vlan 10  dan Vlan 20 semua nya ko failed?? walaupun IP Address semua PC dan Network nya sama. Alasannya karena apabila berbeda Vlan  tidak akan bisa saling berkomunikasi atau ping, dan hanya bisa berkomunikasi atau ping yang memiliki Vlan yang sama

Sekian artikel Tentang Pengertian dan Cara Konfigurasi Dasar VLAN Cisco Packet Tracer  Mohon maaf jika ada salah , semoga bermanfaat!!! terima kasih jangan lupa kunjungi yang lainnya 

Comments

Popular posts from this blog

Simulasi Konfigurasi Firewall dengan Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Menghubungkan Koneksi internet di Debian Pada Vmware

Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 8 Pada Vmware